Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, Si Pembelajar yang ingin dan ingin terus belajar kepada siapa saja. Dan berharap dengan bimbingan dan petunjuk-Nya, bisa bermanfaat bag...

Selengkapnya
Curahan Hati tim PAK (2)
Sumber: Bimtek Penyusunan DUPAK Widyaiswara di Badiklat Propinsi Jawa Barat (tanggal 3 November 2015)

Curahan Hati tim PAK (2)

Bekal Penting Tim Penilai

Sebelum melakukan atau menjalankan proses penilaian angka kredit, selain motivasi dan pembangkit semangat yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten. Ada beberapa syarat tambahan yang perlu dijadikan bekal oleh Tim penilai, persyaratan tambahan utama itu diantaranya sebagai berikut:

1. Profesional

Tim penilai selalu berusaha bersikap profesional dan objektif terhadap setiap usulan kegiatan yang akan dinilai. Dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan, tanpa mempersulit posisi guru yang akan naik jabatan. Semua pekerjaan yang telah dikerjakan oleh guru dipertimbangkan untuk mendapat angka kredit. Tidak ada kata karena teman harus diloloskan dalam proses penilaian ini.

2. Skill Mumpuni

Dalam melakukan penilaian senantiasa berpegang pada konsep selalu meningkatkan keahliannya dalam berbagai hal yang berkaitan dengan konsep keguruan, terutama dalam menilai karya ilmiah, mengamati pengembangan diri yang dimiliki yang dinilai.

3. Disiplin

Tugas Tim Penilai erat kaitannya dengan karier orang lain, untuk itu dalam penilaian DUPAK seyogyanya harus diprioritaskan sesuai dengan periode kenaikan pangkat dan jabatan yang ditentukan oleh pemerintah.

4. Konsisten

Dengan tidak menyalahi peraturan yang telah ditetapkan, sudah banyak kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat melalui rapat-rapat pleno tim penilai. Untuk itu dalam penilaian selain Juknis yang digunakan sebagai rujukan juga kesepakatan2 tersebut harus dilihat, dan ditinjau ulang apabila sudah tidak relevan, serta harus ada pembahasan yang komprehensif sebelum dilakukan pleno.

5. Cermat dan Teliti

Dalam segala pekerjaan, kejelihat, kecermatan serta ketelitian merupakan hal penting untuk dilakukan. Demikian pula dalam menilai pekerjaan orang lain, apalagi ini menyangkut nasib orang. Jangan sampai dalam melakukan pekerjaan ada yang dirugikan.

6. Bijaksana

Peraturan yang telah ditetapkan pemerintah bukan untuk mempersulit dan menjegal karir seseorang. Untuk itu penerapan peraturan harus dilaksanakan secara tegas dan bijaksana .

Sekali lagi itulah idealnya Tim Penilai Angka Kredit (PAK) yang ada di Kabupaten/Kota. Tetapi semua akan terjawab di intern tim yang berjumlah rata-rata 8 sampai 12 orang tiap Kabupaten/Kota tergantung jangkauan luas wilayah kerjanya.

Dari uraian yang terlihat sempurna dengan langkah kerjanya brilian, namun itu adalah teori. Praktik di lapangan ada banyak faktor X yang menghambat kerja profesional tim penilai yaitu "individu" yang masih sebagai manusia biasa dan unsur POLITIS diluar nalar dan harus sesuai pesanan.

Hasilnyapun bisa ditebak, siapa saja akan mudah naik pangkat satu tingkat ke jenjang yang diinginkan asal ada kemauan dan mampu mencari celah dari kinerja tim.

Siapa salah, saya akan sambung pada sesi berikut. Intinya ini Indonesia bung ........

Si Pembelajar - Slamet Yuliono -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah sangat informatif, selama ini saya hanya mengajukan PAK itu juga harus jungkir balik, kurang ini, kurang itu, tambah berkas ini, tambah berkas itu, faktor x adalah bagian dari bumbu, semuanya tergantung leader

09 Feb
Balas

Sama pak Mulya saya utk maju ke III c saja masih terkendala

10 Feb

Itulah yang terjadi dalam perjalanan tim penilai. Bagai makan buah simala kama ...

10 Feb

hmmm.... Faktor x itu ternyata ada dimana-mana ya, faktor yg bisa membuat jalan pintas

09 Feb
Balas

Betul Bunda dan itu yang menyebabkan tim PAK jadi korban.

09 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali