Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, Si Pembelajar yang ingin dan ingin terus belajar kepada siapa saja. Dan berharap dengan bimbingan dan petunjuk-Nya, bisa bermanfaat bag...

Selengkapnya
Curahan Hati tim PAK (3)
Sumber: Bimtek Penyusunan DUPAK Widyaiswara di Badiklat Propinsi Jawa Barat (tanggal 3 November 2015)

Curahan Hati tim PAK (3)

Perang Argumen di Mulai

PENILAIAN dimulai, dan sebagai sosok yang punya tanggung jawab moral dan mengemban amanat besar untuk meningkatkan kinerja guru agar lebih profesional dalam menjalankan fungsi keguruan. Kami (tim) mulai menjalankan tugas, diantaranya:

1. Pleno tim PAK untuk menyamakan persepsi penilaian.

2. Memeriksa berkas yang terdiri 2 bendel utama. Bendel 1 diantara terdiri dari: (a) Copy PAK lama; (b) Copy SK CPNS; (c) Copy SK Pangkat Terakhir; (d) Copy Ijazah Terakhir (Legalisir) ; (e) Copy SKP 2 tahun terakhir; (f) Copy Karpeg; (g) Copy Konversi NIP Baru; (h) Isian DRH; (i) Copy ijazh yang belum dinilai. Bendel 2 yang berisi: DUPAK penilaian yang didalamnya bukti fisik pembelajaran, beragam hasil diklat yang bisa diambilkan dari PK Guru yang dijalankan tiap tahun.

3. Data berkas tiap individu diperiksa oleh dua penilai

4. Rapat Pleno akhir atas hasil penilaian yang sudah dilakukan

5. Memberikan data final kepada tim Dinas untuk penerbitan SK

Dari tahapan penilaian ini tidak ada yang istimewa, hanya ada catatan penting untuk dipahami bahwa ada aturan prinsip/mendasar dari tim, diantaranya: (1) mengajuan sedikitnya 4 tahun berjalan, kecuali punya keistimewaan misalnya : punya nilai PK Guru Amat baik; Ijazah Utama yang belum dinilaikan; (2) Mematuhi Buku 4 dan 5 dari prosedur penilaian PAK .

Semua tim sepakat prosedur penilaian berjalan normal dengan beragam catatan dan disetorkan sesuai data yang diberikan dari Dinas Pendidikan.

Urusan penerbitan PAK dan ditindaklanjuti dengan SK Kenaikan Pangkat adalah Dinas Pendidikan dan BKD yang memang memiliki kewenangan mutlak atas nasib dan masa depan Guru.

Terlihat mudah dan sederhana dalam membaca arah kenaikan pangkat dan sekaligus penentuan nasib guru. Tetapi menjadi masalah saat PAK sudah terbit, tim penilai akan menjadi sasaran kemarahan sejawat guru, dengan beragam argumen yang dijadikan landasan mereka. Wajar terjadi, karena ini maaf off the record Ibu/Bapak Guru bisa menerjemahkan sendiri.

Siapa salah, saya akan sambung pada sesi berikut. Intinya pikir keri ...............

Si Pembelajar - Slamet Yuliono -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Itulah beratnnya tugas tim PAK, Pak. Tugasnya sbg guru sdh sangat berat, msh ditambahi tugas berat lainnya ngurusi PAK orang banyak. Tapi asal ikhlas, insya Allah barokah.

10 Feb
Balas

Ya Pak, akan lebih puas kalau tidak ada campur tangan si X ...

10 Feb

pekerjaan yang dilandasi dengan keikhlasan pasti akan berkah,

10 Feb
Balas

Ya Bunda kata berhikmah, semoga mampu saya jalankan. Aamiin....

10 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali