Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, Si Pembelajar yang ingin dan ingin terus belajar kepada siapa saja. Dan berharap dengan bimbingan dan petunjuk-Nya, bisa bermanfaat bag...

Selengkapnya
Konsisten Menulis Untuk gurusiana
http://ekalasmawati.blogspot.co.id/2014/02/danbo-kataku.html

Konsisten Menulis Untuk gurusiana

Hari ini terasa berat untuk melakukan aktifitas tulis menulis. Tetapi demi menjaga konsistensi diri agar selalu bisa mengisi pundi tulisan maka apapun resiko dan termasuk rasa malas harus disingkirkan. Dan akhirnya ba'da Maghrib TERPAKSA buka-buka referensi dan kutemukan setidaknya 5 masalah yang harus aku jalankan agar konsisten diri tetap terjaga:

1. Mengenal diri lebih jauh

Mengenal diri dilihat dari keentingan lebih pada niat dan tujuan awal apa yang ingin dicapai dalam menulis. Bila di awal terlanjur ingin komitmen menulis untuk gurusiana sudah seharusnya niatan ini tetap dipertahankan. Apapun masalahnya. Tetap menulis setidaknya satu artikel yang bermakna harus tetap dilakukan. Kalau saya tidak menulis berarti sudah membohongi diri.

2. Biasakan Membaca Secara Teratur

Menulis tanpa membaca sama dengan omong kosong. Bagaimana pun juga, mayoritas tulisan yang bagus merupakan output dari berbagai bacaan. Tanpa membaca, tulisan bisa menjadi kering dan tidak menarik. Lagipula membaca dapat bermanfaat sebagai berikut :

· Menambah kosakata

· Menelurkan ide-ide menulis yang brillian

· Mempelajari gaya menulis yang baik

· Mendapatkan tambahan informasi untuk menopang ide kita

· Dan lain sebagiannya

Itulah mengapa kegiatan menulis akan semakin konsisten dengan membaca. Karena membaca berpengaruh secara langsung pada proses menghasilkan tulisan yang bagus.

3. Disiplin diri tinggi

Banyak alasan untuk tidak disiplin dengan mengatakan : "lagi gak mood aja". Kalau ada rasa seperti ini segera singkirkan Anggap saja ini gangguan. Bentengi kata: ” mau mood atau tidak mood, wajib tetep nulis setiap hari ! gak ada kata berhenti!

4. Kontrol diri

Jangan lupa selain sudah mengerti betul dengan apa yang ditekuni, sudah melakukan kedisiplinan yang tinggi, jangan lupa untuk mengecek lagi. Jangan-jangan disiplin anda selama ini adalah, disiplin dalam jalur yang salah. Atau agak keluar jalur. Kalau saya sudah putuskan untuk konsisten di bidang tulis menulis pada blog ini, berarti kontrol diri tetap terjaga. Pikir niat kita menulis, jangan yang lain.

5. Koreksi diri

Jangan berpikir target, ini adalah niatan tulus untuk belajar menulis dan menulis. Dibaca satu orang atau tak dibaca sama sekali oleh orang lain itu bukan halangan. Yang ada dalam benak kita belajar dan terus belajar. Apapaun resiko yang dihadapi.

6. Pengoptimalan diri

Kini memasuki tahap profesional, dan ini sudah pada ranah ambisi untuk menjadikan tulisan itu lebih baik dan bermartabat. Menuju tingkatan yang seperti ini, tentunya ada keinginan diri untuk lebih baik dan lebih produktif dan salah satu jalan menuju ke tingkatan ini pastinya optimalisasi daya baca, optimalisasi waktu, dan optimalisasi penalaran harus dan harus.

Si Pembelajar - Slamet Yuliono -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren mad

05 Feb
Balas

Mas slamet

05 Feb

Jadi malu Pak, gara-gara malas ...

05 Feb

Ini yang selalu saya tunggu tiap hari. Sementara saya masih belajar ke arah profesional tertatih-tatih dan belajar di rumah besar Gurusiana

05 Feb
Balas

Bunda lebih konsisten, bahkan lebih dari cukup.

05 Feb

Tulisannya keren. Menginspirasi banget.

05 Feb
Balas

Terima kasih pak atensinya. Bisa menambah amunisi atas kelelahan dan kemalasan diri.

05 Feb

Mantap pokoknya.

05 Feb
Balas

Saya juga masih harus terus belajar, belajar dan belajar

05 Feb
Balas

Belajar sepanjang masa, betul kan Pak ...

05 Feb

Siip pak Slamet. ..terima kasih infonya

05 Feb
Balas

samasama Bunda ...

06 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali