Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, dilahirkan sebagai anak ke sepuluh dari sebelas bersaudara. Ibu berpendidikan SR Ongko Loro dan Ayah lulusan SMP, tetapi rasa sayang d...

Selengkapnya
Menuju Guru Profesional dan Bermartabat
https://edyutomo.com/guru-profesional/

Menuju Guru Profesional dan Bermartabat

Episode : Panduan Praktis Menjadi Pembelajar (1)

---------------------------------

TULISAN ini hanya untuk guru. Tetapi tidak berarti bila Anda bukan seorang guru tidak boleh dan dilarang untuk membaca tulisan ini. Selagi Anda masih diberi kesempatan dan kemauan untuk membaca kenapa tidak. Apalagi membaca adalah sesuatu banget, khususnya dalam menambah khasanah keilmuan seseorang.

Guru sebagai sosok pilihan di satu sisi mulai terangkat derajat keekomoniannya, tetapi di sisi yang lain kemampuan mendidiknya mulai diragukan oleh sejumlah pihak. Terinspirasi artikel yang yang ada di Opini harian Kompas , Rabu 13 Juni 2018 (- Memberdayakan Guru - Muhadjir Effendy) dan Kompas, Senin 25 Juni 2018 (- Menjadi Guru Saja - Sidharta Susila). Penulis coba kembali merajut angan khususnya terhadap guru 'profesional' yang kini peran dan tugasnya mendapat sorotan tersebut. Dua artikel masalah keguruan dengan sudut pandang berbeda dalam paparnya. Muhadjir sebagai teknokrat sekaligus menentu kebijakan menyoroti peran tergerusnya nilai keguruan sebagai pendidik. Sedang Sidharta sebagai sosok guru yang belajar dai pengalaman masa lalu tentang peran teladan dan mendidik. Perpaduan dua artikel inilah yang coba angkat dalam sisi penguasaan keilmuan (pedagogignya) sekaligus penyelesaian administrasi dan kelengkapan yang 'berjibun' yang harus dipelajari sekaligus diaplikasikan.

====

Catatan Administrasi sebagai kelengkapan sekaligus bahan Akreditasi Sekolah dan itu harus dimiliki oleh guru sedikitnya ada empat bagian:

Bagian 1 (Buku Kerja 1), terdiri atas :

1. SKL - KI - dan KD

2. SILABUS ini inklud di Buku Kerja 1.1

3. RPP

4. KKM

Bagian 2 (Buku Kerja 2), terdiri atas:

1. KODE ETIK GURU

2. IKRAR GURU

3. TATA TERTIB GURU

4. PEMBIASAAN GURU

5. KALENDER PENDIDIKAN

6. ALOKASI WAKTU

7. PROGRAM TAHUNAN

8. PROGRAM SEMESTER

9. JURNAL DAN AGENDA GURU

Bagian 3 (Buku Kerja 3), terdiri atas :

1. DAFTAR HADIR

2. DAFTAR NILAI

3. PENILAIAN AKHLAK - KEPRIBADIAN

4. ANALISIS HASIL LANGAN

5. POGRAM PERBAIKAN DAN PENGAYAAN

6. BUKU PEGANGAN GURU - SISWA

7. JADWAL MENGAJAR

8. DAYA SERAP SISWA

9. KUMPULAN KISI SOAL

10. KUMPULAN SOAL

11. ANALISIS BUTIR SOAL

12. PERBAIKAN SOAL

Bagian 4 (Buku Kerja 4) terdiri dari

1. DAFTAR EVALUASI DIRI KERJA GURU

2. PROGRAM TINDAK LANJUT KERJA GURU

Mengakhiri tulisan ini, dengan dipusingkannya mencari dan harus dimiliki oleh setiap guru yang bila dihitung terdiri dari 17 bagian dan hanya satu yang inklud dalam satu buku tentunya sangat berat. Pada tulisan berikutnya insyaallah akan coba penulis uraikan bagian perbagian tentang kelengkapan administrasi (tentunya) atas pengalaman dan keterbatasan ilmu yang penulis miliki..

Dilihat dari fungsi dan kebermanfaatannya untuk kita guru. Apalagi, sejawat guru yang ingin jejak kariernya bisa lebih tinggi, tidak ingin jadi guru saja namun menuju ke jenjang yang lebih tinggi Kepala Sekolah misalnya. Penguasaan administrasi ini mutlak dipahami dan bila perlu dihafalkan.

Mohon maaf bila artikel yang coba saya unggah ini kurang berkenan dan mengganggu privasi ibu/bapak sekalian. Akhirnya selamat merajut mimpi dalam upaya membangun fisik, mental, dan moral, anak bangsa dan songsong masa depan anak Indonesia tahun 2045.

______

Turen - Malang, 1 Juli 2018

Si Pembelajar - Slamet Yuliono

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sebanyak apapun tugas sbg guru, dijalani secara ihlas biar barokah

01 Jul
Balas

Betul Pak Guru AS, jalani saja ....

01 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali