Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, Si Pembelajar yang ingin dan ingin terus belajar kepada siapa saja. Dan berharap dengan bimbingan dan petunjuk-Nya, bisa bermanfaat bag...

Selengkapnya
PUASA DAN KESEHATAN
https://infomalangbatu.wordpress.com/2014/03/16/rumah-sakit-umum-kanjuruhan-kepanjen-malang/

PUASA DAN KESEHATAN

Episode Artikel Khusus Ramadhan (2)

SUDAH dua hari ini, dari pagi hingga siang aktivitas yang penulis lakukan adalah keluar masuk Rumah Sakit (RS) Kanjuruhan Kepanjen - Kab. Malang. Berada di RS besar dan asri yang terletak di jantung kota kabupaten ini tidak dalam rangka bersuka ria dan menunggu datangnya sore jelang buka puasa. Melainkan "mbaturi" (membantu) kakak menunggu orang tua yang sedang sakit.

Sambil mbaturi menunggu, penulis sempatkan mengamati lalu lalangnya orang yang sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing. Perawat sibuk menetralisir dan menjelaskan beragam keluhan dan sekaligus menanggapi "komplin" dari pasien yang kurang puas atas pelayanannya. Pengunjung mondar mandir mencari sanak saudara yang sedang di rawat, sambil tanya sana sini takut kalau salah masuk ruang orang lain dan itu buka keluarganya. Demikian pula dengan penjual makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya, mnjadikan pemandangan RS seperti pasar kaget. Belum lagi satpam dan petugas kesehatan RS yang sibuk mengusir dan menghalau mereka yang "dianggap" mengganggu kinerja dokter (karyawan) atau bahkan pasien yang menginginkan istirahat total.

Pengamatan penulis, dari beragam masalah yang ada di RS ternyata sakit itu tidak enak. Keyakinan ini pastinya juga diamini semua orang yang berpikiran normal dan tentunya mereka yang sehat. Apalagi dengan datangnya bulan ramadan, bulan penuh hikmah dan bertabur kemuliaan ini, masyarakat muslim pastinya ingin tinggal di rumah bersama keluarganya dan merenung akan pengalaman tahun lalu selama menjalankan puasa ramadan.

Sebagai orang yang suka corat coret, dua hari berada di RS dan tidak ingin momentum langka ini terlewatkan mulailah mencari bahan rujukan tentang makna sehat. Dan pastinya makna sehat dikaitkan dengan puasa yang berdasar ilmu kesehatan serta keterangan dokter ternyata sangat baik dilakukan oleh setiap orang baik muslim maupun non muslim.

====

Ketentuan hukum ilahi, setiap muslim dewasa yang sehat jasmani dan rohani, wajib menjalani puasa ramadan demi ketaatan kepada perintah Allah dan ini perintah dari langit. Dari penjelasan ini pastinya tidak ada perintah Allah yang akan mencelakakan manusia, karena Allah selalu menyediakan alternatif sebagai pengganti bagi orang-orang yang tidak mampu melaksanakan perintah itu. Puasa bahkan dapat membuat orang menjadi lebih sehat! Bagaimana puasa dapat membuat orang menjadi lebih sehat?

Agar pemahaman kita terhadap kesehatan lebih fokus serta hingga sejauh mana puasa dapat meningkatkan kesehatan, perlu lebih dahulu kita memahami apa itu sehat. Mengacu kepada pengertian sehat yang dirumuskan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sehat adalah sejahtera jasmani, rohani, dan sosial. Bukan hanya bebas dari penyakit, cacat, ataupun kelemahan. Dengan kata lain, sehat itu bermakna paripurna (ya sehat jasmanina sehat pula rohaninya). Puasa ramadan mempunyai peran yang sangat besar untuk membuat orang menjadi sehat paripurna ini, apabila ikhlas melaksanakan puasa ramadan yang merupakan perintah Allah.

Ulasan berikut setidaknya menjadi tambahan referensi bagi kita, bahwa berbicara tentang penyakit ternyata dapat dikelompokkan dalam dua kelompok besar, yaitu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi dan bukan oleh infeksi.

Penyakit yang disebabkan karena infeksi itu diantaranya oleh virus, kuman (bakteri), parasit, dan jamur (fungi). Contoh sederhana yang termasuk penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, misalnya influenza, cacar air, dan demam. Yang lebih berbahaya dan hingga saat ini belum ada obatnya diantaranya ialah AIDS. Contoh penyakit yang disebabkan oleh kuman, misalnya tifus perut, muntah-berak, tbc, dan lain-lain. Contoh penyakit yang disebabkan oleh parasit, misalnya malaria, filariasis (penyakit kaki gajah). Dan contoh penyakit yang disebabkan oleh jamur, diantaranya adalah panu, kadas, dan penyakit jamur kulit (dermatomycosis).

Penyakit non infeksi, disebabkan oleh faktor-faktor: keturunan, pola perilaku hidup yang tidak sehat dan tidak tertib, nutrisi dan tata-gizi yang tidak seimbang baik dalam komposisi maupun konsumsinya, dan termasuk didalamnya pencemaran lingkungan.

Banyak dari penyakit non infeksi ini disebabkan oleh kelalaian dalam mengonsumsi nutrisi dan menata gizinya. Mereka yang dikaruniai Allah rezeki banyak, sering mengonsumsinya secara berlebihan. Akibat dari kelalaian dan kesalahan mengonsumsi dan menata gizi ini, baru timbul sebagai penyakit setelah 20-30 tahun kemudian.

Kelebihan akan asupan kalori, karena kebanyakan makan yang mengandung karbohidrat (nasi, roti, dan sejenisnya) akan menyebabkan obesitas (kegemukan). Dalam jangka panjang, dapat menjurus terjadinya penyakit kencing manis (Diabetes mellitus). Kebanyakan mengonsumsi makan makanan berminyak, bersantan atau lemak dapat menjurus terjadinya kolesterol tinggi dalam darah. Serta beragam penyakit yang disebabkan karena over menu.

Allah menciptakan sesuatu pastinya berpasang-pasangan, termasuk adanya penyakit pastinya perlu obat. Dengan demikian, perlu adanya upaya-upaya penyembuhan dari tingkat yang sederhana yang dapat kita lakukan oleh diri sendiri. Dengan tahapan pertama, mengatur pola makan, kedua melakukan olahraga dan tingkatan ke tiga penggunaan obat.

Makan, pastinya perlu bagi kita. Sebab makanan adalah sumber utama energi untuk melakukan aktivitas. Tetapi, kelebihan makan berarti kita meracuni diri sendiri. Oleh karena itu, diajarkan kepada kita untuk "Berhenti makan sebelum kenyang". Bila kita ikhlas melaksanakan puasa dan berpegang kepada "berhenti makan sebelum kenyang", insya Allah kita tidak akan meracuni diri sendiri dengan makan yang berlebihan. Bahkan, dengan menjalani puasa seperti di atas, insyaallah kita akan semakin sehat.

Tidak kalah penting, niat puasa yang kuat juga akan menata berbagai fungsi organ-organ tubuh secara baik. Orang yang di luar bulan ramadan sering menderita sakit maag (sakit ulu-hati), dengan niat yang kuat, sakit maag ini dapat sembuh bersamaan dengan pelaksanaan puasa ramadan.

Bulan ramadan adalah bulan suci yang harus diistimewakan secara batiniah. Misalnya, setelah berbuka puasa, salat tarawih, dan makan-minum secukupnya, sebaiknya lekas tidur, tak perlu nonton TV sampai akhir acara agar dapat menjalankan qiyamul lail. Pendalaman pemahaman agama akan membawa orang kepada sejahtera (sehat) rohani yang lebih baik. Bulan ramadan juga membawa orang pada kegiatan sosial yang lebih baik dengan dilaksanankannya salat tarawih dan dikeluarkannya zakat fitrah. Semua itu akan membawa kita pada sejahtera (sehat) sosial yang lebih baik.

Dan satu-satunya tahapan membentuk manusia menjadi pari purna sesuai dengan WHO hanya ada di bulan ramadan. Bulan diperintahkan menjalani puasa sebagai terapi ragawi (jasmani), dilanjutkan dengan memperbanyak ingat dan tunduk pada Allah sebagai terapi roh (rohani), dan peduli sesama dengan cara mengeluarkan zakat fitrah dan saling berbagi sebagai terapi sosial.

Tiada kuasa manusia untuk mengatur itu semua, kecuali di bulan ramadan dengan program unggulan puasa. Sungguh besar kuasa-Mu Ya Allah atas segala firman-Mu ....

Si Pembelajar - Slamet Yuliono -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Rahmad dan nikmat yg kadang terlupakan. Salam..

18 May
Balas

Ya, kita memang manusia yang sering lalai

18 May

"Puasalah kamu supaya kamu sehat",hadits Rasulullah SAW.Semoga keluarga yang sakit segera sembuh...njih pak guru. Mohon maaf lahir bathin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

18 May
Balas

Ya Bunda terima kasih atas bantuan do'anya ....

18 May

Puasa dan kesehatan bisa seiring sejalan ya..bonusnya sehat panjang umur , smoga ibu lekas sembuh Pak..salam sehat barokalloh..

18 May
Balas

Aamiin, terima kasih Bu atas doanya ...

18 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali