Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, dilahirkan sebagai anak ke sepuluh dari sebelas bersaudara. Ibu berpendidikan SR Ongko Loro dan Ayah lulusan SMP, tetapi rasa sayang d...

Selengkapnya
Super
http://pinturamariareis.blogspot.co.id/2015/06/gambar-animasi-dan-kata-kata-untuk.html

Super "TEN" Ramadhan

Episode Asal Tahu (1)

ADA peristiwa menarik untuk dicermati di bulan ke sembilan kalender hijriah yang bernama ramadan. Bulan penghulu bulan di kalender islam ini layak dipahami ummat islam karena didalamnya ada beberapa keistimewaan. Artikel ini coba mengangkat sedikitnya sepuluh keistimewaan di bulan ini : Pertama, bulan maghfirah (pengampun dosa). Nabi Muhammad saw bersabda, “Barang siapa yang berpuasa ramadan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Kedua, bulan pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Sabda Rasulullah saw, “Apabila telah datang bulan ramadan, pintu-pintu surga dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ketiga, bulan diturunkannya Alquran, kitab suci umat Islam. Allah Swt berfirman, “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan ramadan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil.” (QS. al-Baqarah: 185).

Keempat, bulan amalan saleh akan dilipatgandakan pahalanya sampai 70 kali lipat, bahkan sampai tak terhingga sesuai kehendak Allah Swt. Nabi saw bersabda, “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah bernaung. Bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. ...Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kelima, terdapat malam Lailatul Qadar, yaitu satu malam yang memiliki banyak barakah, kemuliaan dan malam tersebut lebih baik dari seribu bulan. Allah Swt berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seri bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. al-Qadr: 1-5).

Keenam, ramadan adalah bulan penuh berkah, rahmat, dan mustajabnya doa, sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Telah datang kepada kalian bulan ramadan, bulan penuh berkah...” (diriwayatkan oleh An-Nasai dan dan dishahihkan oleh Syaikh Albani).

Ketujuh, puasa ramadan adalah tameng terhadap api neraka. Dari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda, “Dan puasa adalah tameng. Bila salah seorang dari kalian berada pada hari puasa, janganlah ia berbuat sia-sia dan janganlah ia banyak mendebat. Kalau orang lain mencercanya atau memusuhinya, hendaknya ia berkata: `Saya sedang berpuasa’.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Kedelapan, orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan. Nabi saw bersabda, “Setiap amalan Anak Adam, kebaikannya dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Swt berfirman, ‘Kecuali puasa. Sesungguhnya, (amalan) itu adalah (khusus) bagi-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya karena (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.’ Bagi orang yang berpuasa, ada dua kegembiraan: kegembiraan ketika dia berbuka puasa dan kegembiraan ketika dia berjumpa dengan Rabb-nya.

Kesembilan, dibukanya pintu surga khusus. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya, di surga, ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyân. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melaluinya pada hari kiamat. Tidak ada seorang pun yang melewatinya, kecuali mereka.

Kesepuluh, puasa memberi syafaat pada hari kiamat. Rasulullah saw bersabda, “Puasa dan Alquran akan memberi syafaat untuk seorang hamba pada hari kiamat".


Dengan mengetahui keistimewaan ramadan dan banyaknya fasilitas yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita baik di dunia maupun di akhirat nanti. Maka marilah kita berlomba-lomba mendulang pahala yang besar dengan mengerjakan amalan-amalan wajib maupun sunnah dengan sungguh-sungguh.

Mari kita isi siang dan malam kita dengan puasa, shalat wajib, shalat Tarawih, shalat Rawatib, shalat Tahajud, shalat Witir, sedekah, tadarusan, mentadabburi, dan mengamalkan Alquran, beriktikaf, mengkaji Islam dan menciptakan habits (kebiasaan-kebiasaan) yang baik dalam hidup kita.

Sehingga hari-hari dan malam-malam kita selepas ramadan, yaitu di sebelas bulan lain di luar ramadan tetap berada dalam iman yang kuat menancap di dada. Karena sejatinya ramadan adalah bulan latihan, bulan penggemblengan untuk melatih diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang saleh, seperti shalat tepat waktu, tadarussan, bersedekah, puasa (menahan segala nafsu), mendirikan shalat malam hingga terbentuk diri kita menjadi hamba yang bertakwa.

Jadi, untuk meraih predikat takwa tidak diukur dari tekunnya ibadah kita di bulan ramadan saja, karena ramadan adalah bulan latihan. Namun, derajat takwa itu akan kita peroleh ketika kita sudah tekun memaksimalkan bulan ramadan (sebagai bulan latihan), kemudian kita mampu mengimplementasikan habits kita di bulan ramadan ke bulan-bulan lainnya.

Selamat menyambut bulan suci ramadan 1439 H.

Si Pembelajar - Slamet Yuliono -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga kita mampu memenuhi "permintaan" Ramadhan dan mengimpklementasikannya setelah Ramadhan. Mohon maaf lahir dan bathin. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

16 May
Balas

Aamiin Bunda

16 May

Alhamdulillah bisa sebagai bahan kultum Taraweh pak

16 May
Balas

Terima kasih bisa dijadikan rujukan ....

16 May

Semoga kita dapat memaksimalkan bulan ramadhan

16 May
Balas

Aamiin .... terima kasih Pak Mulya

16 May

Trim ilmunya....

16 May
Balas

Sama-sama Bunda. Selamat Menunaikan ibadah Saum Ramadan ....

17 May

Ilmu yang sangat bermanfaat Pak ..smoga kita senantiasa bisa dipertemukan bulan ramadhan skrg dan selanjutnya di beri kesehatan ,kmudahan dan klancaran dalam beribadah karena ridho Allah SWT..Aamiin..

17 May
Balas

Terima kasih Bu, Aamiin ..... Selamat menjalankan ibadah puasa

17 May

Super sekali Pak... kereeenn... thanks ilmunya

17 May
Balas

Terima kasih Bu, Aamiin ..... Selamat menjalankan ibadah puasa

17 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali