Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, Si Pembelajar yang ingin dan ingin terus belajar kepada siapa saja. Dan berharap dengan bimbingan dan petunjuk-Nya, bisa bermanfaat bag...

Selengkapnya
TAHAPAN SEDERHANA DALAM MENULIS
http://perpustakaan.akfarsam.ac.id/pustakawan-penerbitan-dan-katalog-dalam-terbitan-kdt/

TAHAPAN SEDERHANA DALAM MENULIS

Langkah Praktis Menulis Versi Suwano

UNTUK menjadi penulis handal memerlukan beberapa langkah dan tahapan. Dimulai dari hanya sebuah ide, dilanjutkan dengan proses penulisan, hingga menjadi sebuah karya yang siap dipublikasikan. Dari tahapan sederhana tersebut, tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Suwarno (2011: 106) dalam salah satu tulisannya menyebutkan rincian sbb: (1) Melihat langsung suatu peristiwa atau objek seperti seorang wartawan atau reporter. Fungsi dari kegiatan ini adalah dengan melihat suatu objek atau peristiwa maka penulis akan memiliki wawasan dan pengetahuan. Wawasan dan pengetahuan tersebut dapat memancing atau digunakan penulis untuk berpikir sehingga mampu memunculkan ide atau gagasan-gagasan yang hendak dituangkan dalam buku; (2) Mendiskusikan apa yang menarik dari yang dilihat serta menemukan informasi dan data dari referensi. Ide yang sudah didapat dari kegiatan observasi awal tadi dapat diperluas dengan melakukan diskusi dengan nara sumber ataupun juga dengan mencari referensi lain yang terkait dengan ide yang sudah didapat. Dengan melakukan langkah ini maka ide akan semakin luas dan dapat dijelaskan secara rinci serta juga dapat memunculkan ide-ide yang relevan lagi; (3) Menulis draft atau konsep atau kerangka tulisan. Draft atau konsep tulisan ini merupakan penjabaran dari diskusi atau pencarian referensi yang sudah didapat kemudian disusun agar memudahkan dalam penyusunan struktur buku nantinya. Pembuatan konsep ini juga sangat bermanfaat bagi penulis untuk menuangkan ide sesuai dengan alur atau struktur buku tersebut; (4) Menyampaikan kepada orang lain yang dipercaya mampu membimbing dan mengarahkan. Dengan adanya orang lain untuk berkonsultasi mengenai tulisan maka dapat menyempurnakan tulisan yang telah dibuat. Konsultan dapat memberitahu pada penulis letak kesalahan yang perlu diperbaiki dan bahkan mungkin bagian-bagian yang perlu ditambahkan sehingga buku nantinya tidak menimbulkan kebingungan bagi khalayak pembacanya; (5) Menulis dan menyusun ulang serta editing. Setelah ide tertuang dalam bentuk tulisan, penulis harus menyusun dan memeriksa ulang agar telah sesuai dengan struktur yang ditentukan. Kemudian dilakukan proses editing yaitu pemeriksaan tanda baca hingga perbaikan pada kalimat-kalimat yang mungkin dapat menimbulkan kebingungan terhadap pembacanya; (6) Publikasi. Tahap terakhir yaitu mendesain dan memberikan kelengkapan dari tulisan/artikel kemudian menyebarluaskan pada masyarakat umum.

Menulis memang bukanlah kegiatan yang mudah, harus melalui proses belajar yang terus menerus dan konsisten. Jika dilakukan dengan serius tentu sangat besar kemungkinan mampu menjadi penulis profesional nantinya. Semoga !

Si Pembelajar - Slamet Yuliono -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren Pak, sudah saya simpan tuk referensi nulis

12 Mar
Balas

Terima kasih Bunda ...

12 Mar

Proses tumbuh kembang menulis. Sip. Salam.

12 Mar
Balas

Terima kasih Pak. Salam Olahraga

12 Mar

siiip...ilmu yang manfaat pak

14 Mar
Balas

siiip...ilmu yang manfaat pak

14 Mar
Balas

terima kasih Bunda ...

14 Mar

Good. Bagus buat belajar menulis. semoga banyak guru yang menulis buku. slam sukses selalu.

20 Mar
Balas

Bisa diterapkan Pak ....

01 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali