Slamet Yuliono

SLAMET YULIONO, dilahirkan sebagai anak ke sepuluh dari sebelas bersaudara. Ibu berpendidikan SR Ongko Loro dan Ayah lulusan SMP, tetapi rasa sayang d...

Selengkapnya
USAHA DAN DOA DI RAMADAN BERKAH
https://www.dream.co.id/news/doa-menyambut-bulan-ramadan-1606035.html

USAHA DAN DOA DI RAMADAN BERKAH

Episode Asal Tahu (2)

BILA Anda pernah tinggal di perantauan (luar daerah) ada pemandangan menarik yang layak diketahui masyarakat awam. Warga etnis tertentu atau perantau, jelang memasuki bulan ramadan mereka berbondong pulang kampung (mudik) dan selama satu bulan penuh dan bisa lebih mereka menenangka diri di kampungnya. Benar dan bolehkah perbuatan seperti ini dilakukan. Jawabnya mari kita simak artikel berikut .....

Hidup itu harus berusaha, tetapi tidak berhenti di situ saja karena harus diiringi dengan doa. Usaha saja tanpa berdoa, itu namanya sombong. Berdoa saja tanpa usaha itu namanya mimpi. Keduanya harus berjalan harmonis, seperti langkah dua kaki. Keduanya tidak boleh saling iri. Jika kaki kanan di depan, maka kaki kiri harus rela berada di belakang, begitu juga sebaliknya.

Usaha adalah bentuk keinginan untuk mencapai apa yang diharapkan. Semen­tara doa adalah permohonan agar usaha yang dikerjakan berjalan dengan baik dan dapat restu-Nya. Banyak orang yang kadang lupa kepada dua hal ini. la ingin mendapatkan materi melimpah, tetapi lupa berusaha (hanya berdoa saja). Sementara orang yang mencari materi tanpa dibarengi dengan doa, akhirnya menganggap dirinyalah yang menghasilkan apa yang selama ini didapatkan, sehingga muncul rasa sombong.

Setiap muslim selayaknyalah menem­patkan dua hal ini dalam porsi seimbang. Ketika berusaha harus selalu dibarengi dengan doa. Dan ketika usaha berhasil juga harus diiringi dengan rasa syukur kepada Allah. Namun jika tidak berhasil maka lakukan usaha kembali dan berdoa agar usaha yang kedua ini mendapat ridho dari Allah.

Kita banyak melihat, orang ketika berusaha sering berdoa, memohon agar usaha yang ia kerjakan berkembang. Na­mun setelah usahanya berkembang ia lupa. Bahkan ia tidak ingat lagi untuk berdoa. Allah sering ditempatkan pada posisi ketika kita mengalami kesusahan, musibah dan bencana. Tetapi jika kita dalam posisi merasa senang dan bahagia, banyak orang yang tidak lagi memohon petunjuk kepada Allah.

Untuk itu, apapun yang kita kerjakan dan hasilnya apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak semua berpulang kepada Allah. Karena Allah yang Maha Pemberi. Jika kita sudah berusaha keras, dan belum mendapatkan apa yang dicita-citakan, bukan berarti Allah tidak sayang kepada kita. Boleh jadi, kalau kita mendapatkan apa yang selama ini kita impikan maka akan lupa diri. Dan disinilah rasa sayang Allah kepada orang-orang yang seperti ini, sehingga Allah menangguhkan apa yang diinginkan seseorang lewat doanya. Lalu kapan ia akan menerima hasil dari doa-doa yang selama ini ia mohonkan? Boleh jadi di dunia ia tidak mendapatkan materi yang selama ini diidamkannya, tetapi diakhirat ia mendapatkannya. Semoga ....

Si Pembelajar - Slamet Yuliono -

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Allah yang Maha Tahu apa yang terbaik bagi hambaNya. Karena itu kewajiban kita berusaha dan berdo'a, apapun hasilnya adalah hak mutlak Allah SWT sang pemilik alam semesta ini. Wallahu a'lam bishawab. Jazakillah khoir untuk pembelajarannya ...pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

20 May
Balas

Terima kasih Bunda atas atensinya, semua belajar dari lingkungan yang memang wajib dijadikan ibrah ...

20 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali